PENGETAHUAN DASAR TOURING YSC DEPOK
1.
TATA TERTIB TOURING YSCD.
a. Maksud
Dan Tujuan.
Touring atau jalan dalam sebuah rombongan secara beriring-iringan,
mempunyai maksud dan tujuan sebagai wadah untuk saling mengetahui kepribadian
tiap anggota di YSCD, sedangkan tujuan pokoknya adalah membangun kekompakan dan
keperdulian terhadap team atau anggota lain dan mengesampingkan ego dan
kepentingan pribadi serta tetap mengutamakan safety riding.
b. Waktu
Dan Tempat.
Waktu dan
tempat kegiatan touring dilaksanakan sesuai dengan agenda YSCD dengan
mengutamakan kepentingan bersama, yang diputuskan secara bersama-sama beracuan
pada AD/ART YSCD.
c. Teknis
Pra Touring.
Peserta yang bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti
agenda touring YSCD harus aktif dalam
mendukung secara teknis, moril dan support guna kelancaran Agenda
Touring sesuai dengan ketentuan yang diatur dan berlaku di YSCD. Persiapan pra touring meliputi persiapan teknis
peserta, kesiapan, pembahasan kendala, dan perancangan teknis pada saat acara
dilaksanakan. Para peserta mengikuti ketentuan yang berlaku di dalam agenda
Touring YSCD yang telah ditetapkan secara bersama-sama.
d. Teknis
Lapangan.
Para peserta
mengikuti dan mematuhi Peraturan Lalu lintas dan mengikuti Standard Prosedur
Touring yang akan dibahas berikutnya.
2.
PERSIAPAN AWAL.
a. Persiapan
motor.
Peserta harus
mempersiapkan kendaraannya masing-masing guna menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan pada saat agenda touring dilaksanakan.
b. Persiapan
Fisik.
Peserta mempersiapkan kondisi dan stamina tubuh serta
mempersiapkan keperluan pribadi (obat-obatan, keperluan pribadi dan lainnya).
c. Persiapan
Finansial.
Peserta mempersiapkan dana cadangan untuk keperluan
yang tidak terduga diluar biaya yang sudah dikeluarkan buat Agenda touring.
d. Persiapan
Teknis Dilapangan.
Dijelaskan pada pembahasan berikutnya.
3.
PERSIAPAN PEMBERANGKATAN
a. Penentuan
Pimpinan Rombongan, Sweeper, dan Break Point.
Panitia dan
Pengurus harus menentukan dan menunjuk anggota yang memiliki kemampuan lebih dan
peserta yang lain harus mengikuti dan
mentaatinya.
b.
Penentuan
urutan masing2 anggota dalam rombongan.
Masing2
anggota bertanggungjawab pada urutan keberangkatan dan tidak saling mendahului (tergantung situasi dan kondisi)
akan ada sanksi saat Break
Point.
c.
Berdoa
Sebelum Keberangkatan.
d.
Cek
Akhir Rombongan.
4.
TEKNIS LAPANGAN
a. Petugas Lapangan.
1)
Pimpinan Rombongan.
Pimpinan rombongan bertanggung jawab atas segala
sesuatu yang terjadi dilapangan sampai dengan tujuan dan bertanggung jawab
sampai dengan kembali. Pimpinan
rombongan bertugas juga sebagai penunjuk jalan, pembuka jalan, dan penentuan
break point.
2)
Safety Officer.
Mengatur
dan menertibkan peserta touring selama
agenda berlangsung.
3) Sweeper.
Bertugas dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa
semua peserta tetap dalam satu rombongan tanpa ada yang berpisah atau
terpencar, sampai dengan koordinasi dan penyampaian informasi kepada kepala
rombongan, dan juga bertanggung jawab atas keterlambatan dan terputusnya
rombongan.
b. Penandaan Kegiatan.
1)
Peserta
wajib menyalahkan lampu selama perjalanan.
2)
Peserta
wajib menyalahkan lampu sein kanan apabila tidak didukung oleh fasilitas
flasher.
c. Pengkodean Dan Isyarat.
1)
Tangan
arah ke kanan = belok kanan.
2)
Tangan
Arah ke kiri = belok
kiri.
3)
Tangan
mengepal = Saat mengurangi kecepatan drastis.
4)
Tangan
melambai = Perlahan lahan.
5)
Telunjuk
Satu jari diatas = Satu baris ke belakang.
6)
Telunjuk
Dua jari diatas = Dua baris ke belakang.
7)
Kaki
Kanan Keluar = Ada
lubang di kanan atau kendaraan lain.
8)
Kaki
Kiri Keluar = Ada Lubang di kiri atau kendaraan lain.
9)
Kaki
kanan dan kiri keluar = Jalan jelek atau ada jalan
bergelombang.
POSISI SATU BARIS KEBELAKAN DAN POSISI
MOTOR
PERHATIKAN POSISI MOTOR PESERTA
·
POSISI
MTR PESERTA ZIG ZAG = Untuk menghindari tabrakan
beruntun.
·
JARAK MTR PESERTA = Untuk space buat pengereman.
·
PANAH =
Arah gerak / untuk menghindar.
POSISI DUA BARIS KEBELAKAN DAN POSISI MOTOR
PERHATIKAN POSISI MOTOR PESERTA
·
POSISI
MTR PESERTA ZIG ZAG = Untuk
menghindari tabrakan beruntun.
·
JARAK MTR PESERTA = Untuk space buat pengereman.
·
PANAH =
Arah gerak / untuk menghindar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar