Selasa, 26 Februari 2013

Definisi "bikers" dalam kamus bahasa Inggris Oxford diprotes.


London, KompasOtomotif – Kamus Besar Bahasa Inggris Oxford yang dikenal sebagai kamus bahasa Inggris paling top dan akurat, harus rela mengamandemen alias mengubah isi. Penyebabnya, gelombang protes dari pengendara sepeda motor Inggris untuk definisi kata ”biker” yang tertera di kamus tersebut selama puluhan tahun.

Para biker baru menyadari jika arti yang terkandung bermakna negatif. Di kamus, ”biker” diartikan sebagai anggota geng, berambut panjang memakai jins ”belel” atau ”kucel”. Dengan protes itu, definisi diganti. Kini, definisi ”biker” adalah pengguna sepeda motor anggota geng atau grup, yang biasanya terlibat kecelakaan dengan mobil.

Setelah diperbarui, sebenarnya masih ada kontroversi, tapi masih lebih bisa diterima. Mungkin orang lebih suka disebut berambut gondrong dan memakai jins kucel. Karikatur yang digambarkan pada definisi sebelumnya dinilai ofensif dan tidak akurat.

Berdasar laporan The Daily Telegraph (26/2), jajak pendapat kepada 524 ”biker” di Inggris, menyatakan bahwa 74 persen dari mereka menganggap definisinya tidak akurat. 21 persen tersinggung, dan hanya 2 persen bilang setuju.

Nicola Burton, juru bicara Oxford University Press (OUP), yang memproduksi dan mendistribusikan kamus, mengumumkan bahwa definisi baru sudah dilansir sejak 22 Feburari silam.

”Perubahan ini mencerminkan pergeseran definisi 'biker'. Mereka lebih suka disebut ’motorcyclist’ ketimbang ’hell-angel’,” ujarnya.
Editor : Zulkifli BJ

indahnya indonesiaku


Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau SulawesiIndonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kotaManadoibu kota provinsi Sulawesi UtaraIndonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau SiladenPulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.
Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.
Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapatunderwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Sayang sekali akibat nama besarnya, banyak orang Indonesia yang bahkan tidak pernah menginjakkan kakinya di Tanah Lumimuut, merasa telah mengenal dan tahu tentang Bunaken, bicara tentang Taman Nasional Bunaken, berarti berbicara tentang International Heritage and a miracle of Bunaken. Banyak peneliti dari luar negeri sangat menyayangkan kesalahan informasi dari Indonesia. Bunaken lebih daripada sekedar tahu dalam buku, Bunaken adalah pengalaman menyelam.
http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/02/10/337944/78/10/Yamaha-RX-King-Street-Fighter-RX-Killer

Yamaha RX-King, Street Fighter RX-Kille




Kalau biasanya Yamaha RX-King modifikasi dengan aliran racing look. Bisa juga belum lama kita lihat RX-King dengan tampilan café racer. Ini kali lain dari biasanya. Evnu Prastowo punya ide lain dengan modifikasi RX-King jadi beraliran street fighter tulen.

Tak ubahnya membunuh kesan jambret yang selama ini melekat pada motor sport garputala ini. “Motor sport zaman sekarang kan punya basis street fighter dengan bodi yang futuristik atau kaki-kaki kekar,” jelas Evnu Prastowo yang beken dipanggil Tole.

Perombakan mulai dari bodi. Wadah bensin alias tangki diganti punya Kawasaki Ninja 150RR. Untuk harmonisasi keseluruhan bodi, Tole membuat bodi fiberglass untuk cover bodi belakang dan sepatbor depan.

Ini yang bikin motor lebih eksklusif. Risikonya, rangka belakang dipotong 30 cm dan disambung lagi dengan rangka tambahan yang agak menjulang tinggi. “Rangka standar RX-King yang datar nggak cocok dengan bodi barunya. Jadi, dudukannya juga dibuat ulang menyesuaikan,” kata builder religius ini.

Hal lain yang perlu disiasati yaitu pemasangan tangki Ninja 150RR. “Dudukan tangkinya sama saja ada dua. Tapi, dudukan belakang perlu penyesuaian ulang biar pas dengan deltabox yang terbuat dari pelat besi,” jelas Tole sambil bilang tebal pelatnya 2 mm.



Kelar bikin bodi baru, Tole fokus pada area kaki-kaki. Dengan penampilan street fighter ini upside down aftermarket ikut dipasang. “Lumayan menambah gahar. Ditambah dengan piringan cakram lebar dan kaliper dari Aprilia RS125,” bilang Tole.

Kemudian swing arm pakai aftermarket dengan konstruksi sistem monosok. Sedikit putar otak untuk mengakalinya. Dudukan peredam kejut belakang tunggal ini dibuat se-presisi mungkin pada rangka tengah. 

“Dudukan monosok dibuat dengan konstruksi kuat. Setelah itu, baru pasang swing arm ke rangka dengan bushing-nya dibikin lebih tebal,” jelasnya.

Untuk menunjang pengendalian handling yang mantap, setang juga harus diganti. “Kaki-kaki besar dan dan rangka belakang setelah dipotong, otomatis gaya berkendara juga berubah dari standar. Saya pakai setang Fatbar,” kata Tole.

Tampilan barunya ini memang lebih fresh. Unik karena motor 2-tak sudah jarang seliweran di jalanan dengan ubahan seperti ini. “Biasanya kan motor sport 4-tak, tapi kali ini RX-King bisa tampil beda,” senang Tole dari Jl. Serdang Baru Raya No.7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Era motor 2-tak memang sudah lewat. Tapi buat modernisasi, RX-King ini pun aplikasi electric starter. Makin praktis! Jadi, bisa disebut pembunuhan karakter jambret yang selama ini melekat dong. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 120/70-17
Ban belakang : Swallow 140/60-17
Headlamp : Yamaha V-Ixion
Monoshock : Yamaha Scorpio
Thole Motor : 0811-872325


http://motorplus.otomotifnet.com/read/2013/02/17/338510/78/10/Yamaha-MT01-Transformasi-Jadi-2010-Limited-Edition


Hang out bareng brothers dari Super Riders Community pastinya membuat kita slut. Club house oakley, jadwal turing padat, baksos juga hang out café to café.

Belum lagi tunggangan mereka, mayoritas motor premium kapasitas gede, di atas 400 cc. Soal fesyen juga eye cathing, up to date plus riding skill anggotanya yang mumpuni.

Salah satu tunggangan life member-nya menyita perhatian. Toz dengan Depaf salah satu pejabat struktural di komunitas ini. Doi punya tunggangan Yamaha MT 01 lansiran 2005. Tapi, punya tampilan beda.


“Motor ini dimodif simpel untuk mengejar sosok Yamaha MT 01 Limited Edition tahun 2010,” jelas bro Vinan Sitompul, builder sekaligus pemilik rumah modifikasi berjuluk Garage C.H. -07 di Jakarta.

Motor ini bukanlah pilihan ordinary bikers. Pemiliknya mesti punya adrenalin tinggi, karena tergolong ganas di jalanan.

Sekilas melirik, MT 01 sempat dinobatkan jadi 5 pacuan tercepat untuk V-Twin di Oztrali. Tepatnya, dari lembaga bertajuk sport Company Group, di selatan Sydney di ajang Dragway, bulan Mei 2008.

Tongkrongannya sangat estetis, roh kental naked bike dengan karakter motor cruiser, V-twin silinder. Penunjang performanya juga tak main-main, beberapa peranti semisal sok digamit dari Yamaha R1 dan unsur naked bike keseluruhan diambil dari Yamaha Warrior XV1700.



Sekilas mengulasnya, motor ini sempat  jadi bintang di gelaran Tokyo Motor Show 1999 walaupun akhirnya released di tahun 2005 dan mendapatkan predikat terhormat dari MDA (The Motorcycle Design Association) tahun 2004. Sejak awal direleased, praktis enggak ada perubahan berarti dari desain awalnya.

Biar sudah jadi jawara desain dan dapat predikat terhormat, bro Depaf enggak kunjung puas. "Ia ingin motornya lebih ngejreng dan kejar versi MT-01 Limited Edition 2010,” jelas Vinan lagi.

Ubahannya tak perlu ekstrem. Cukup penambahan beberapa variasi penunjang saja. Utamanya, mesin dipowder coating dan aplikasi variasi penunjang limited edition. Yakni spion, handgrip, frame slider dan  tabung minyak rem dari Rizoma. "Main agak detail, kulit jok asli diganti MBTech plus sok depan anodize,” bangga Vinan. Congratz! (motorplus-online.com)